MatbNqx9NqtcNGxbNWx9Mqt7LDcsynIkynwbzD1c

Fakta-Fakta Unik Labuan Bajo Destinasi Wisata Eksotis Di Indonesia

Fakta-Fakta Unik Labuan Bajo Destinasi Wisata Eksotis Di Indonesia 1. Komodo, h…

99% CUSTOMER PUAS! HARGA BISA DITAWAR
BLANTERLANDINGv101
7822742811720746869

Fakta-Fakta Unik Labuan Bajo Destinasi Wisata Eksotis Di Indonesia

Fakta-Fakta Unik Labuan Bajo Destinasi Wisata Eksotis Di Indonesia - Halo semuanya apa kabar ? Semoga semuanya dalam keadaan yang baik ya. Labuan Bajo adalah salah satu daerah yang terletak di Nusa Tenggara Timur. Destinasi wisata tersebut sering direkomendasikan di Indonesia. Labuan Bajo dihuni oleh penduduk yang bekerja sebagai pelaut, yakni suku Bajo.

Fakta-Fakta Unik Labuan Bajo Destinasi Wisata Eksotis Di Indonesia

Kalau kamu tertarik buat pergi ke Labuan Bajo, berikut ini ada beberapa fakta-fakta unik tentang Labuan Bajo. Yuk simak selngkapnya.

1. Komodo, hewan warisan purbakala

Komodo merupakan hewan reptil terbesar di dunia dan memiliki habitat di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Hewan ini pertama kali diketahui pada tahun 1910 oleh seorang pilot yang pesawatnya jatuh di sekitar pulau habitat tersebut. 

Kesaksian pilot tersebut akhirnya ditelusuri oleh seorang pegawai administrasi Hindia Belanda 2 tahun berikutnya. Hasil penelusuran berupa foto dan kulit komodo kemudian dikirim ke Peter A. Ouwens, ilmuwan dari Museum Zoologi di Buitenzorg atau yang sekarang kita kenal sebagai Kota Bogor.

Dengan rata-rata panjang tubuh 2 -3 meter dan berat 100kg, tidak heran jika hewan reptil satu ini hanya bisa dilihat dari kejauhan untuk menjaga keamanan. Bagi kalian yang sangat penasaran, kamu bisa mendekat hanya jika ditemani pawang komodo. 

Hal ini dikarenakan komodo merupakan hewan karnivora yang cukup berbahaya. Menurut penemuan para ilmuwan terbaru, komodo memiliki bisa yang dapat melumpuhkan mangsanya setelah penyerangan. Meskipun begitu, mereka tidak selalu agresif.

Hingga saat ini, keberadaannya dilindungi oleh pemerintah Indonesia karena jumlahnya yang semakin sedikit. Taman Nasional Komodo didirikan untuk menjaga habitat asli kadal raksasa yang dikenal dengan nama Orah oleh warga setempat ini.

2. Suku Bajo yang unik

Selain menempati beberapa wilayah di Kalimantan dan Sulawesi, Suku Bajo juga tinggal di Nusa Tenggara Barat. Bahkan, asal-usul nama Labuan Bajo pun berarti ‘pelabuhan orang Bajo’. Suku Bajo memiliki keunikan tersendiri, yaitu kepiawaiannya dalam melaut. 

Tidak hanya perihal melaut, salah satu hal yang paling menarik adalah kemampuan orang Suku Bajo yang mampu menyelam ke laut dan bertahan di dalam air selama 3 – 15 menit dan menyelam hingga kedalaman 60 meter.

Hal itu dibuktikan dengan sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa orang Suku Bajo memiliki ukuran limpa yang lebih besar 50% dari ukuran pada umumnya. Hal ini membuat produksi oksigen di tubuh mereka lebih banyak dibanding kita-kita.

Selain itu, orang Suku Bajo telah lama menjadi objek penelitian para peneliti mutasi gen. Hal ini dikarenakan mereka tersebar di banyak kawasan, bahkan hingga Filipina Selatan. Asal-usul mereka masih menjadi perdebatan hingga saat ini. 

3. Pink Beach, 1 dari 7 di seluruh dunia

Nah, pantai unik yang satu ini pasti udah nggak asing lagi di telinga Teman BuLiBi. Buat kamu yang belum tau, di Labuan Bajo ada pantai yang pasirnya berwarna pink! Lucu banget, kan? Pantai dengan pasir warna pink atau Pink Beach ini merupakan 1 dari 7 Pink Beach yang ada di seluruh dunia. Berbeda dengan pasir pantai pada umumnya, hamparan pasir berwarna pink merupakan pemandangan yang bisa kamu nikmati saat berada di sini.

Warna pink pasir pantai tersebut disebabkan oleg pigmen hewan super kecil bernama Foraminifera. Ia ‘menularkan’ pigmen merah pada koral laut yang kemudian terbawa arus dan membentuk pasir di pinggir laut. Pink Beach Labuan Bajo juga merupakan salah satu pantai pink terindah yang ada di dunia. 

4. Pesona sabana ciamik

Selain terdiri dari gugusan pulau yang dikelilingi laut biru, salah satu hal yang menjadi daya tarik Labuan Bajo adalah kawasan sabana. Hamparan sabana yang menguning saat musim kemarau dan menghijau saat musim penghujan ini begitu elok dipandang. Kalian pasti sudah sering melihat postingan temanmu yang lagi liburan di Labuan Bajo dan berfoto dengan latar sabana menguning, bukan? Nah, kapan nih giliranmu yang berfoto?

Beberapa kawasan dengan sabana cantik yang bisa kamu kunjungi adalah Gili Laba. Untuk kamu yang lebih suka tempat yang tidak terlalu ramai dikunjungi wisatawan, kamu bisa ke Pulau Kanawa. Di sini, banyak pondok-pondok kecil yang tersebar. Bisa kamu gunakan untuk duduk santai sambil menikmati matahari terbenam bersama pasangan, teman, ataupun untuk me time.

5. Labuan Bajo itu nama kelurahan

Ya, kamu nggak salah baca. Labuan Bajo pada dasarnya merupakan nama kelurahan di Nusa Tenggara Timur. Sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia yang paling populer, saat ini Labuan Bajo sudah cukup padat. Hingga tahun 2016, penduduk di Labuan Bajo terhitung sebanyak 7.360 jiwa. 

Hal ini merupakan pertumbuhan yang cukup besar mengingat Labuan Bajo dulunya merupakan sebuah desa nelayan kecil. Bahkan, karena perkembangan potensi pariwisatanya, saat ini Labuan Bajo sedang dikembangkan menjadi sebuah kota. 

6. Merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO

Taman Nasional Komodo di Labuan Bajo menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dan juga adanya komodo, hewan yang dilindungi. Hal ini menjadikan Pulau Komodo, Pulau Padar, dan Pulau Rinca sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Ketiga pulau ini ditetapkan masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1991.

7. Garis Wallace Melintasi Kepulauan Nusa Tenggara

Pembagian flora dan fauna di Tanah Air dipengaruhi oleh Garis Wallace, garis khayal yang memisahkan Indonesia bagian barat, tengah, dan timur. Garis khayal ini melewati kawasan yang terdiri dari Pulau Sulawesi, Kepulauan Nusa Tenggara, Pulau Timor, dan Kepulauan Maluku.

Fauna yang ada di Garis Wallace juga disebut sebagai fauna Kepulauan Wallace, yang merupakan campuran antara fauna Asiatis dan fauna Australis. Contoh fauna Kepulauan Wallace diantaranya anoa, babi rusa, komodo, dan buaya. 

8. Julukan Kota Seribu Sunset

Saat berkunjung ke Labuan Bajo, Teman BuLiBi bisa menyaksikan pemandangan sunset (matahari terbenam) dari sudut manapun di pulau ini. Kamu bisa menikmati keindahan langit yang terkadang berwarna oranye pekat atau ledakan perpaduan warna merah muda di berbagai tempat. Mulai dari pantai, bukit, dermaga, cafe, hotel, atau di atas kapal. Karena hal inilah, Labuan Bajo mendapat julukan kota seribu sunset.

Nah, itulah beberapa Fakta-Fakta Unik Labuan Bajo Destinasi Wisata Eksotis Di Indonesia gimana menarik bukan ? Jika kalian  ingin ke Labuan Bajo namun, masih bingung mencari paket wisata yang aman dan terjangkau ? Berikut kami punya rekomendasinya silahkan klik disini untuk informasi selengkapnya. 

Semoga semua  informasi di atas bisa bermanfaat ya. Terima Kasih



by: lify rotty 11 upw/SMKN 3 MDO


TAGS
BLANTERLANDINGv101
Silahkan memberikan komentar

HUBUNGI KAMI VIA CHAT×
Tim CS Cakraloka Tour biasanya membalas pesan whatsapp dalam beberapa menit, mohon bisa mengisi data dulu :)
Data Lainnya
Chatting Sekarang