MatbNqx9NqtcNGxbNWx9Mqt7LDcsynIkynwbzD1c

Hal-Hal Yang Harus Kamu Pertimbangkan Saat Travelling Setelah Corona

Saat Corona berakhir nanti, apa saja yang kita harus pertimbangkan saat travell…

BLANTERLANDINGv101
7822742811720746869

Hal-Hal Yang Harus Kamu Pertimbangkan Saat Travelling Setelah Corona

hal hal yang harus kamu pertimbangkan saat travelling setelah corona


Kamu mungkin sedang menahan diri untuk tidak travelling di saat-saat seperti ini, di mana wabah corona ada di mana-mana. Jangankan untuk berwisata, keluar rumah saja tidak dianjurkan untuk menghentikan penyebaran virus ini. Namun, jika semua ini telah berakhir, hal-hal apa saja yang harus kamu pertimbangkan saat travelling setelah wabah corona ini? Berikut adalah hal-hal yang harus kamu pertimbangkan:

Pertama, destinasi tujuan.

Tentu saja kita harus menimbang ke mana kita akan pergi. Lebih khusus lagi, kita harus mengecek ke negara mana kita akan bepergian dan bagaimana pemerintah di sana menyikapi virus Corona ini.

Sebagian ada begitu tanggap menangkal penyebaran virus ini, namun sebagian lain lambat dalam penangannya. Dengan kata lain, agak beresiko mengunjungi tempat wisata dengan penanganan yang  kurang baik. Sebaiknya dihindari.

Sebab apa?

Menurut para ahli ada negara yang akan bakal mengalahkan corona ini. Namun tentu saja setelahnya, tidak semua negara akan membuka border mereka terhadap pelancong-pelancong dari negara lain, termasuk dari negara kita Indonesia.

Kelak akan ada negara yang berhasil duluan daripada negara-negara lain. Nah, ketika itu terjadi, menurut perkiraan para ahli situasi hanya akan kondusif secara 50%. Setiap pemerintah yang berhasil menangani corona akan berfokus pada rehabilitasi, pemulihan negara sendiri dan tentu warga negaranya.

Jadi destinasi itu sendiri menjadi pertimbangan yang sangat penting untuk diperhatikan. Salah-salah kita sudah berencana, sudah mengeluarkan budjet, eh ternyata negaranya beresiko atau minimal malah belum membuka diri dengan negara lain.

Kedua, perlindungan diri.

Meski sudah berakhir, kita sedang beranda-andai, tetap kewaspadaan itu perlu. Kita perlu mempersiapkan alat-alat yang kita butuhkan untuk melindungi diri dari berbagai kemungkinan penyebaran virus corona di tujuan kita.

Selama wabah pandemi corona, kita mungkin punya kebiasaan menjaga kebersihan, mencuci tangan, menggunakan masker dan selalu membawa handsanitizer. Kebiasaan ini boleh diteruskan meski krisis corona sudah berakhir.

Tak hanya covid19, kebiasaan baik menjaga kebersihan dan membawa alat-alat kebersihan juga sangat baik untuk melindungi dan mencegah diri kita dari penyakit-penyakit menular lain seperti influenza (flu) dan sebagainya.

Ketiga, planning.

Jika kamu melancong sendirian, coba hitung segala kebutuhan selama trip. Biaya transportasi, biaya konsumsi, maupun biaya operasional lain. Misal saja kalau kamu menggunakan hotel, internet, pulsa, obat-obatan dan lain sebagainya. Perlu di rencanakan biaya.

Atau jika kamu menggunakan travel untuk berwisata, coba tanyakan apakah ada kemungkinan opsi pengembalian dana jika terjadi sesuatu yang tak diinginkan. Sebab, walaupun sebut saja kondisi sudah aman, namun yang namanya virus tidak bisa kita menganggapnya enteng dan situasi bisa saja kembali krisis. Tidak ada yang tahu.

Berbagai macam travel punya berbagai macam pula aturan tersendiri perihal refund. Kamu perlu juga bertanya soal ini. Bukannya paranoid, hanya sebagai upaya pencegahan dan sebuah bentuk kehati-hatian.

Beberapa ada yang menawarkan pengembalian hingga 80% dengan kondisi tertentu, dan ada yang hanya menawarkan semacam kredit atau deposit yang dapat digunakan untuk perjalanan selanjutnya.

Tak hanya soal biaya, kamu juga perlu merencanakan rute, dan dengan siapa kita bepergian, atau biasa juga disebut dengan travel partner.

Travel partner ini tentu ini akan menjadi pertimbangan tersendiri. Bersama isteri kah? Membawa anak? Regu? Dan lain sebagainya yang perlu direncanakan agar tidak blunder dalam perjalanan.

Keempat. tidak travelling.

Ini juga perlu kamu pertimbangkan. Yakni opsi tidak usah melancong. Yakni menunda agak lebih lama lagi hingga semua sudah membaik.

Kita mungkin selain terdampak krisis Corona, terdampak juga krisis ekonomi. Barangkali kamu perlu merecovery keadaan hingga normal kembali ekonomi, minimal ekonomi pribadi kamu.

Dengan menunda tidak travelling dahulu, kamu mulai bisa menambung kembali untuk merencanakan trip yang lebih matang dan lebih aman.

Kalau sudah begitu kamu mungkin boleh melihat-lihat paket-paket wisata yang tersedia di beberapa Tour & Travel seperti Cakraloka contohnya.

So, semoga kita semua dilindungi Allah, dan semua bencana wabah ini segera berakhir. :)

(AI)
BLANTERLANDINGv101
Silahkan memberikan komentar

HUBUNGI KAMI VIA CHAT×
Tim CS biasanya membalas pesan whatsapp dalam beberapa menit, mohon isi data dulu :)
Data Lainnya
Chatting Sekarang